Minggu, 22 Januari 2017

Desa Perean Tengah



Sejarah Desa Perean Tengah

Berikut Ini Akan Disampaikan Sekilas Tentang Sejarah Singkat Desa Perean Tengah, Secara Singkat Yang Dapat Kami Himpun Berdasarkan Lontar Atau Babad Kibarak Panji Sakti Serta Sumber Dari Leluhur Kami Yang Mana Sampai Terbentuknya Desa Perean Tengah.
Pada Waktu Itu Yang Disebut Semarapura Atau Gelgel Yang Dipinpin Oleh Para Raja Dari Beberapa Keturunan, Salah Satu Diantaranya Yang Mempunyai Istri Atau Permaisuari Yaitu Ida Dalem Sagening. Beliau Sangat Bijaksana Dan Setia Wecana Adapun Patih Beliau Yang Bernama Jelantik Begal Dan Diantara Para Kaula Ada Satu Dayang-Dayang Yang Bernama Ni Luh Pasek Panjiyang Berasal Dari Desa Panji Daerah Buleleng Atau Denbukit. Karena Itu Pasek Panji Dititipkan Pada Patihnya Yang Bernama Arya Jelantik Begal, Karena Arya Jelantik Begal Belum Mempunyai Keturunan, Mengakibatkan Beliau Sangat Senang Dan Menerima Tetesan Amerta Sanjiwani.
Lama Kelamaan Lahirlah Anak Tersebut Dan Diberi Nama Kibarak Panji . Setelah Dewasa Ia Diperintahkan Oleh Sang Ayah Arya Jelantik Begal Agar Kembali Ke Desa Panji Ditempat Kelahiran Ibunya. Dalam Perjalanan Kibarak Panji Meninggalkan Gelgel Dan Begitu Banyak Desa Yang Dilaluinya Yang Sudah Jelas Membuat Payah Dan Lesu Demikian Pula Para Pengiringnya Dan Akhirnya Beristirahat . Sebelum Melanjutkan Perjalanan Maka Kibarak Panji Mengadakan Perjanjian Sebagai Tanda Tempatnya Beristirahat, Maka Tempat Itu Disebut Pelarian Lama Kelamaan Diberi Nama Perean .
Sejalan Dengan Perkembangan Penduduk , Sosial Budaya Serta Ekonomi Desa Perean Semakin Berkembang , Maka Perlu Dikembangkan ( Dimekarkan ) Maka Akhirnya Dimekarkan Menjadi 3 Yaitu :
– Desa Induk                           : Desa Perean
– Hasil Pemekaran                  : Desa Perean Tengah, Dan Desa Perean Kangin

Dengan Desa Pusat Pemerintahan Desa Perean Tengah Di Dusun Tuka Dan Desa Perean Kangin Di Dusun Leba. Hal Tersebut Ditetapkan Dengan Keputusan Desa Perean Nomor 5 Tahun 1998.Jadi Desa Perean Tengah Secara Administtrasi Telah Disyahkan Oleh Gubernur Kdh . Tk. I Bali , Nomor 661 Tahun 1991 Tanggal 28 Oktober 1991
Demografi
Lokasi Desa Perean Tengah
Desa Perean Tengah Merupakan Desa Paling Selatan Di Kecamatan Baturiti, Kabupaten Tabanan Yang Berbatasan Dengan Desa Kuwum, Kecamatan Mengwi, Kabupaten Badung. Desa Yang Membujur Dari Utara Ke Selatan Dengan Panjang + 3.500 Meter Yang Terletak 13 Km Dari Ibu Kota Kecamatan .
Batas Desa Perean Tengah
Sebelah Utara             : Desa Luwus
Sebelah Selatan          : Desa Kuwum.
Sebelah Timur             : Desa Perean Kangin.
Sebelah Barat             : Desa Perean Tengah.
Keadaan Tanah
Luas Tanah Yang Ada Di Desa Perean Tengah Adalah + 213.206 Ha Dengan Ketinggian + 450 Meter Diatas Permukaan Laut Dengan Curah Hujan 247,45 Mm/ Tahun Dengan Suhu Udara 26 – 29 O C, Pemanfaatan Tanah Dapat Dibedakan Menjadi Kering Untuk Perumahan Dan Tanah Tegalan / Ladang , Tanah Basah Untuk Persawahan.
Dengan Peruntukan Sebagai Berikut :
1.        Sawah : 177 Ha
2.        Tegalan : 12.80 Ha
3.        Perkebunan : –
4.        Pemukiman : 20.12 Ha
5.        Lain Lain ; 3.28 Ha
Pendidikan
Jumlah Penduduk Desa Perean Tengah Menurut Pendidikan Yang Ditamatkan Dapat Dibedakan Sebagai Berikut:
Tamat Perguruan Tinggi         :           148   Orang
Tamat Diploma                       :           143   Orang
Tamat Slta                  :                        456   Orang
Tamat Sltp                  :                        291   Orang
Tamat Sd                                :            809   Orang
Kesehatan
Di Bidang Kesehatan Masyarakat Desa Perean Tengah Sampai Saat Ini Belum Pernah Mengalami Permasalahan, Hal Ini Sangat Di Dukung Oleh Sarana Dan Prasarana Yang Memadai Kesehatan Disamping Juga Karena Kesadaran Masyarakat Yang Berhubungan Dengan Kesehatan. Kalau Dilihat Dari Sarana Dan Prasarana Desa Perean Tengah Telah Dilengkapi Dengan Puskesmas Pembantu Dengan Seorang Bidan Desa Serta Satu Puskesdes Dengan Satu Bidan Desa Dan Disamping Itu Ada Dua Tempat Praktik Dokter Umum Sehingga Memnudahkan Masyarakat Untuk Berobat. Desa Perean Tengah Juga Telah Memiliki Kader Pos Pelayanan Terpadu Yang Membimbing Masyarakat Dalam Menangani Kesehatan Dengan Menyasar Pasangan Usia Subur,Ibu Hamil, Dan Balita, Dimana Kegiatan Ini Sudah Rutin Dilaksanakan Setiap Bulannya Dan Sudah Terjadwal Di Masing – Masing Banjar Dibawah Pengawasan Bidan Pustu.
Kelembagaan
Lembaga Kemasyarakatan Yang Tumbuh Dan Berkembang Di Masyarakat Desa Perean Tengah, Merupakn Mitra Kerja Dari Pemerintah Desa Dalam Melaksanakan Pembangunan Fisik Maupun Non Fisik Di Desa Perean Tengah. Adapun Lembaga Kemasyarakatan Tersebut Antara Lain:
Badan Permusyawaratan Desa ( Bpd )
Badan Permusyawaratan Desa Dibentuk Berdasarkan Surat Keputusan Bupati Tabanan Nomor 13 Tahun 2006, Keanggotaan Bpd Terdiri Dari Tokoh Dan Pemuka Masyarakat Yang Bertugas Membahas Serta Memutuskan Kebijaksanaan Perbekel Untuk Ditetapkan Sebagai Keputusan Desa.
Pembinaan Kesejahteraan Keluarga ( Pkk )
Pembinaan Kesejahteraan Keluarga Adalah Gerakan Yang Tumbuh Dari Bawah, Dimana Wanita Sebagai Motor Penggerak Untuk Membangun Keluarga Dalam Unit Atau Kelompok Terkecil Masyarakat Dalam Menumbuhkan, Menghimpun, Mengarahkan Keluarga Guna Mewujudkan Keluarga Sejahtera.
Tujuan Pkk Adalah Membantu Pemerintah Untuk Ikut Serta Memperbaiki Dan Membina Tata Kehidupan Keluarga Yang Dijiwai Oleh Pancasila Menuju Terwujudnya Keluarga Sejahtera Yang Dapat Menikmati Keselamatan, Ketentraman, Ketenangan Hidup Lahir Dan Batin. Pkk Desa Perean Tengah Ditetapkan Dengan Surat Keputusan Perbekel Desa Perean Tengah Nomor : … Tahun
Karang Taruna
Karang Taruna Desa Perean Tengah Dibentuk Berdasarkan Sk Perbekel Desa Perean Tengah Nomor : ……. Tahun 2008, Tertanggal 24 September 2008, Nama Karang Taruna Desa Perean Tengah Adalah ”Dharma Santhi ”
Hansip
Keamanan Dan Ketertiban Merupakan Faktor Yang Cukup Penting Untuk Terlaksananya Pembangunan. Pembangunan Bukanlah Merupakan Tanggung Jawab Pemerintah Dengan Aparat Keamana Saja, Namun Usaha Dan Peranserta Masyarakat Untk Menciptakan Dan Terwujudnya Keamanan Yang Diharapkan.
Di Desa Perean Tengah Sebagai Salah Satu Upaya Untuk Ikut Melaksanakan Siskamlingrata Telah Terbentuk Satu Pleton Hansip Desa. Disamping Itu Keberadaan Desa Adat Dan Banjar Adat Beserta Awig –Awignya Akan Sangat Mendukung Terciptanya Ketentraman Dan Ketertiban Di Desa.
Keadaan Sosial
Penduduk Desa Perean Tengah Pada Umumnya Sangat Heterogen Sehingga Adat Istiadat Yang Dianutnya Masih Heterogen Begitupun Juga Dengan Agama Yang Dianutnya Yaitu : Hindu, Budha, Islam . Yang Paling Banyak Adalah Penganut Agama Hindu .
Keadaan Ekonomi .
Desa Perean Tengah Merupakan Suatu Desa Agraris Dan Sedang Berkembang Sehingga Mata Pencaharian Penduduk Desa Sangat Di Pengaruhi Oleh Keadaan Suatu Desa, Mata Pencaharian Penduduk Dapat Dibedakan Sebagai Berikut:
Petani              : 869   Orang
Pedagang                    : 96      Orang
Pns                  : 53     Orang
Abri                  : 14     Orang
Swasta                        : 447    Orang
Peternak                    : 11     Orang
Jasa Lainnya   :   9      Orang
Kondisi Pemerintahan Desa Perean Tengah
Pembagian Wilayah Desa Perean Tengah
Jumlah Dusun / Banjar Dinas
Desa Perean Tengah Terdiri Dari 4 Banjar Dinas / Dusun :
Banjar Dinas Kukub
Banjar Dinas Tuka
Banjar Dinas Selat
Banjar Dinas Berteh
Visi dan Misi
Visi Desa Perean Tengah
Visi merupakan suatu alat dorong bagi masyarakat desa agar memiliki motivasi untuk secara terus menerus atas dasar kesadaran sendiri melakukan “ pembangunan” dari situasi dan kondisi sekarang ini.
Visi (cita-cita) yang hendak dicapai masyarakat Desa Perean Tengah.adalah : ”Terwujudnya Masyarakat Desa Perean tengah yang Sejahtera dan Berbudaya yang dijiwai Tri Hita Karana .
Misi Desa Perean tengah
Misi masyarakat Desa Perean Tengah dalam mencapai masyarakat sejahtera berdasarkan visi di atas dengan cara mengembangkan dan membangun di bidang Peningkatan kualitas & kapasitas masyarakat ( dibidang pendidikan dan kesehatan ) , Prasarana sarana dasar dan ekonomi yang meliputi :
1.        Mewujudkan Masyarakat Desa Perean tengah yang Sejahtera, melalui peningkatan akses masyarakat terhadap pendidikan yang berkualitas, pemberdayaan usaha mikro dan kecil, revitalisasi pertanian percepatan pembangunan Infrastruktur dan perbaikan pengelolaan sumber daya alam dan pelestarian fungsi lingkunagn hidup.
2.        Mewujudkan masyarakat Desa Perean tengah yang berbudaya, melalui pembangunan/penguatan seni budaya dan harmonisasi antar kelompok masyarakat serta antar umat beragama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar