Senin, 23 Januari 2017

Desa Antapan



PROFIL DESA ANTAPAN

PEMERINTAHAN
Desa Antapan berada dalarn lingkup Kecamatan Baturiti, Desa dengan jarak Tempuh 3 Km dari kota Kecamatan, dan dari kota Kabupaten dengan jarak tempuh sekitar 35 Km, memiliki luas wilayah sekitar 10,43 Km2. Dengan batas-batas Desa Antapan meliputi : Utara Desa Candikuning, Timur Kabupaten Badung, Selatan Desa Mekarsari, Barat Desa Batunya. Desa Antapan disahkan menjadi Desa pada tahun – berdasarkan SK – Dari segi Pemerintahan, desa Antapan terbagi atas 6 Banjar Dinas :
1. Banjar Antapan,
2. Banjar Talanpati,
3, Banjar Tohjiwa,
4. Banjar Mayungan Anyar,
5.Banjar Mayungan Let
6. Banjar Gelogor.
Jumlah Penduduk berdasarkan data dari masing – masing Banjar saat ini tahun 2010 berjumlah : 3381 Jiwa terdiri dari Laki-laki : 1701, Perempuan 1680, dan jumlah KK 1065 KK. Saat ini fasilitas yang ada di desa Antapan 1 Buah lapangan Desa dengan 3 Sekolah : 2 Sekolah SD 1 dan 3, dan 1 SMP N 5 Baturiti,di Desa Antapan terdapat 1 tenaga kesehatan :
No
Nama Petugas Medis
Dokter/ Bidan
Waktu Pratek
Alamat

1.
Ni Putu Imayanti
Bidan
07.00 -13.00
Desa
Antapan





Visi dan Misi
Menjadikan Desa Antapan sebagai Desa Pertanian Yang berbasis Agro Wisata.

Kondisi Geografis
Dari segi Geografis Desa Antapan merupakan daerah Pertanian, Perkebunan, Peternakan dan Kehutanan, serta sayur – sayuran, selain itu daerah ini juga menghasilkan tanaman kebun bunga lainnya seperti : bunga gemitir, dan bunga pacar hampir terdapat pada semua banjar, dan penghasil Padi Gogo adalah banjar Mayungan Anyar dan banjar Mayungan Let, sedangkan penghasil Padi Basah adalah Banjar Antapan dan Talangpati, dan penghasil peternakan juga hampir terdapat di semua banjar, dan pengasil kehutanan adalah banjar Mayungan Anyar dan Mayungan Let, dan luas wilayah banjar Mayungan Anyar dan Mayungan Let sekitar 277 Hektar, masyarakat telah terbentuk kelompok – kelompok Tani yang pada akhirnya akan bisa meningkatkan pendapatan masyarakat seperti kelompok Tani yang kesemuanya telah tergabung dalam gapoktan.
Selain itu juga Desa Antapan juga memiliki panorama alam yang tidak kalah indahnya dari Objek Wisata yang ada, maka pantaslah Desa Antapan dijadikan Desa Pertanian Berbasis Agro Wisata.

Kondisi Demografi
Dari segi kependudukan jenis pekerjaan masyarakat masih di dominasi sebagai Petani, dan Buruh tani, serta beberapa sebagai karyawan swasta dan bekerja di salah satu perusahaan Bali ROSSE yang cukup banyak menyerap tenaga kerja dan utamanya dari kalangan remaja dan ibu rumah tangga serta karyawan swasta yang bekerja di luar desa.

Relegi, Budaya, dan Kesenian
Dari faktor relegi, sebagian besar masyarakat Desa Antapan menganut Agama Hindu namun dengan kondisi sekarang terdapat beberapa orang penduduk yang beragama Islam dan Kristen, dan mengenai asal – usul sejarah desa, Desa Antapan berasal dari kata Petapan (Tapa) yang berarti tempat bersemedinya Raja – raja Bali di Pucak Sari. Semenjak jaman penjajahan di Bali, Raja Marga menunjuk seorang pejabat sebagai Mekel yaitu Pan Geredeg sebagai tangan kanan Raja Marga dan ditugaskan menjaga wilayah perbatasan Marga dan Carangsari serta masing- masing Desa mempunyai Kelihan.
Dari segi kesenian ada satu banjar yang mempunyai kesenian Okokan yaitu banjar Mayungan Anyar, yang sudah ada sejak dari turun-temurun, yang beranggotakan 60 orang, dan semenjak pada tahun 1980, dan langsung mendapat pembinaan dari Propinsi. Yang fungsinya untuk pementasan Upacara Keagamaan Manusa Yadnya 3 weton untuk melayani kepentingan Desa tiap tahunnya dan juga apabila ada permintaan. Kesenian Okokan telah beberapakali menghadiri kegiatan Pesta Kesenian Bali (PKB) mewakili Kabupaten Tabanan.

Potensi Wisata
Secara khusus Desa Antapan belum memiliki tempat wisata secara khusus namun sebenarnya ada sebagian tempat cocok untuk tempat wisata sampai saat ini belum tergarap secara maksimal untuk dapat difungsikan sebagai tempat wisata yaitu air Terjun Ngilngilan dan air Terjun Campuan yang berlokasi di Banjar Antapan, serta Wisata Agro yang saat ini baru tahap perkembangan dan penataan yang baik dan terdapat di banjar Mayungan Anyar dan Mayungan Let.







Tidak ada komentar:

Posting Komentar